Loading

Panduan SEO Backlink untuk Pemula – Cara Memaksimalkan Backlink untuk Website-mu 2022

Table of Contents

Thumbnails - backlink icon on a laptop screen
  1. Apa itu Backlink?
  2. Bagaimana SEO Backlink Bermanfaat untuk Website-mu ?
  3. Kriteria Backlink yang Berkualitas
    3.1 Nilai Authority Score yang Tinggi
    3.2 Topic yang Relevan
    3.3 Backlink Organik
    3.4 Penggunaan Anchor Text yang Tepat
  4. Kriteria Backlink berkualitas rendah
    4.1 Blackhat atau Link Berbayar
    4.2 Links yang tidak Relevan
  5. Dofollow vs Nofollow Backlink
  6. Cara Mengelola Backlink-mu
  7. Strategi Mendapatkan Lebih Banyak Backlinks & Link Building Berkualitas
  8. Kesimpulan

Apa itu Backlink ?

Backlink adalah hyperlink dari situs website lain menuju situs website Anda. Dengan kata lain; ketika pengguna mengklik anchor text dengan hyperlink Anda di situs website mereka, pengguna akan dibawa ke situs website Anda secara otomatis. Maka dari itu Istilah inbound link dan backlink sering digunakan secara bergantian.

Bagaimana SEO Backlink Bermanfaat untuk Website-mu ?

SEO Backlink adalah salah satu faktor terpenting untuk suatu situs website di berbagai platform mesin pencari. Mengapa ? Karena mempengaruhi Quality dari website Anda.

Sebagai contoh, Google ingin memberikan hasil pencarian yang relevan & berkualitas kepada penggunanya. Maka dari itu Google melihat backlink sebagai bukti pendukung. Jika situs website Anda terpercaya dengan memiliki Authority Score yang tinggi, kemungkinan besar website anda menjadi salah satu situs yang direkomendasikan kepada pengguna oleh Google.

Point Penting : Kami merekomendasikan untuk memprioritaskan mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi (website dengan domain authority yang tinggi) dibandingkan dengan mendapatkan banyak backlink yang berkualitas rendah!

Kriteria Backlink yang Berkualitas

Berikut adalah beberapa kriteria untuk mengidentifikasi backlink yang berkualitas:

1. Memiliki Kredibilitas (Authority Score)

2. Relevansi

3. Organic Backlink

4. Penempatan Anchor Text yang Tepat

Nilai Authority Score yang Tinggi

Apakah anda ingat point awal dimana yang kita tekankan adalah website yang ber-otoritas (authoritative websites)? Kualitas lebih baik dari jumlah! Dalam SEO, situs website yang berotoritas berarti memiliki sumber terpercaya yang memberikan informasi akurat kepada pengguna. Tools gratis seperti Moz (alat yang hebat!) memungkinkan pengguna untuk memeriksa otoritas situs web (Otoritas Domain).

Topic yang Relevan

Mendapatkan backlink dari situs website yang memiliki topic yang sama dengan situs web Anda akan memberikan dampak yang lebih baik untuk kegiatan SEO backlink Anda. Mesin pencari dapat mengidentifikasi konten situs website dari basic signals seperti kata kunci. Misalnya, jika Anda memaksimalkan situs web untuk hotel, Backlink dari situs web penambangan memiliki bobot yang lebih rendah (dalam hal relevansi) dibandingkan dengan situs website travelling.

Backlink Organik

Backlink organik dapat didefinisikan sebagai inbound links yang Anda terima secara natural. Mesin pencari seperti Google seringkali memberikan penalti kepada website yang membayar untuk mendapatkan backlink. Jika Google mengidentifikasi banyak backlink berisi spam di situs website Anda, maka kemungkinan besar situs website anda akan dikenakan sanksi yang berdampak negatif pada peringkat Anda di Google. Inilah sebabnya mengapa mengelola kesehatan backlink Anda sangat penting. Untuk mendapatkan backlink organik, Anda harus menyediakan konten yang kaya & informatif.

Penggunaan Anchor Text yang Tepat

Seperti yang kami bahas sebelumnya, mesin pencari dapat mengidentifikasi kata kunci untuk menentukan topic konten Anda. Artinya, anchor text yang deskriptif lebih baik dibandingkan dengan anchor text pendek seperti “Click Here” . Alasan lainya adalah untuk mencegah situs web menggunakan tautan yang bersifat “spamming” dan anchor text deskriptif bersifat lebih user-friendly bagi pengguna/pembaca.

Tips : Pastikan mendapatkan Backlinks bersifat “dofollow”

Kriteria Backlink berkualitas rendah

Berikut adalah beberapa kriteria untuk mengidentifikasi backlink yang berkualitas rendah:

1. Blackhat atau Link Berbayar

2. Relevansi yang Rendah

Blackhat atau Link Berbayar

Backlink yang tidak alami dapat berupa apa saja yang bersifat manipulatif atau buatan ( dikenal sebagai strategi blackhat backlink). Membeli tautan untuk backlink bisa sangat mudah karena ada begitu banyak penjual backlink di luar sana. Namun jangan pernah curang ! Google mengembangkan Pembaruan Google Penguin pada tahun 2012 untuk memerangi strategi Blackhat Backlink)

Links yang tidak Relevan

Tujuan utama mendapatkan backlink dari domain/halaman web yang relevan adalah agar dapat menjangkau pembaca yang berpotensi menjadi klien baru Anda. Sama halnya dengan tautan berbayar (paid links), mesin pencari dapat mengidentifikasi situs web Anda sebagai spam jika situs web Anda memiliki banyak tautan balik dari otoritas rendah & domain yang tidak relevan. Faktanya, backlink dari situs web otoritas domain tinggi yang tidak terkait dengan bisnis Anda mungkin dianggap tidak relevan oleh beberapa mesin pencari.

Tips : Tingkatkan kesehatan backlink situs web Anda dengan menghapus backlink spam dengan menghubungi webmaster atau menggunakan Google Search Console Disavow Tool

Also read: Bahaya Menggunakan Black Hat SEO pada Bisnis Anda

SEO Backlink Dofollow vs Nofollow

Dofollow & Nofollow adalah kode HTML yang memberikan perintah kepada ‘spider bot’ atau ‘crawler’, untuk mengikuti atau mengabaikan suatu hyperlink tertentu. Hal pertama yang harus diketahui adalah semua tautan link bersifat Dofollow, namun dengan menambahkan kode rel=’nofollow’ otomatis akan mengubah tautan Dofollow menjadi Nofollow.

Berikut contoh dari link Dofollow :

<a href=”https://www.satuvision.com/”>SatuVision</a>

Dan, berikut contoh dari link Nofollow :

<a href=”https://www.satuvision.com/” rel= “nofollow”>SatuVision</a>

Penting untuk mendatangkan tautan Dofollow dalam kegiatan Backlink Anda.Ini karena otoritas tautan hanya dapat diteruskan dari tautan Dofollow. Sedangkan tautan Nofollow memberi tahu web crawler bahwa Anda tidak terkait dengan situs web itu.

Manfaat dari tautan Nofollow adalah mendapatkan traffic untuk situs website-mu. Pengunjung situs web masih dapat mengeklik tautan Nofollow dan yang mungkin mendatangkan klien potensial melalui situs website-mu. Namun, tautan Dofollow diperlukan untuk meningkatkan domain authority situs web Anda dan untuk meningkatkan peringkat di Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP).

Cara Mengelola Backlink-mu

Google Search Console adalah tools yang tepat untuk memeriksa kinerja Backlink Anda. Di dalam tab ‘Tautan’, Anda dapat memeriksa Tautan Eksternal, Tautan Internal, dan tautan anchor text terbaik dalam situs web Anda. Tools berlangganan seperti SEMRush & Ahrefs juga bisa sangat membantu.

Strategi Mendapatkan Lebih Banyak Backlinks & Link Building Berkualitas

Seperti yang kami bahas sebelumnya, untuk mendapatkan backlink secara organik, Anda harus menghasilkan konten berkualitas, hingga pembuat konten menganggap artikel Anda sangat informatif dan menautkan konten mereka ke artikel Anda.

Cara lain untuk mendapatkan Backlink adalah dengan cara manual, metode ini disebut Link building. Ada begitu banyak cara efektif untuk melakukan Link Building. Berikut adalah dua metode yang kami sarankan:

Guest Posting: menerbitkan artikel di situs website entitas yang lain.

Kami merekomendasikan menerbitkan artikel di situs web dengan niche audience yang mirip dengan bisnis Anda atau berasal dari industri yang sama.

Broken Link Building: Langkah pertama adalah mencari tautan rusak (broken link) di situs web yang memiliki niche serupa dengan bisnis Anda atau berasal dari industri yang sama. langkah kedua, hubungi dan tawarkan pemilik situs web itu untuk menghapus tautan yang rusak dan menautkannya dengan situs milik Anda (dengan konten yang serupa, berhubungan, atau lebih baik).

Also read: Tips Meningkatkan Ranking Website Anda dengan SEO Tool

Kesimpulan

Mengelola backlink adalah salah satu kegiatan SEO off-page terpenting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat dan domain authority  situs website Anda. Satu backlink berkualitas bisa bernilai berkali-kali lipat dibandingkan dengan gabungan beberapa backlink yang berkualitas rendah atau menengah. Ingatlah untuk selalu mengikuti pedoman mesin pencari dan tidak curang dalam prosesnya!

Share To

Other Category

  • Blog (217)